RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(SATU PERTEMUAN)
Nama :
NIM :
Semester : Enam
Materi pembelajaran : Volume Tabung
A. Kompetensi Dasar:
1.
Menghitung
Volume Tabung
B.
IndikatorPencapaian Kompetensi
1.
Menghitung
volume tabung
C.
Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat menghitung Volume tabung (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri,
Kreatif, Kerja keras. Demokratis.);
2. Siswa dapat menemukan rumus Volume Tabung (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri,
Kreatif, Kerja keras. Demokratis.);
3.
Karakter siswa yang diharapkan :
Rasa ingin tahu, Mandiri,
Kreatif, Kerja keras, Disiplin.
D.
Metode Pembelajaran
Pengamatan,
tanya-jawab, penugasan individu dan kelompok, dan diskusi kelompok.
E.
Kegiatan
Pembelajaran
|
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Waktu
|
|
Penda-huluan
|
1.
Guru memberi salam dan mengajak siswa berdoa;
2.
Guru menanyakan kabar dan mengecek kehadiran siswa
3.
Siswa mendengarkan dan menanggapi cerita guru tentang manfaat belajar Volume tabung dalam kehidupan sehari-hari;
4.
Guru menyampaikan model
pembelajaran yang akan digunakan dan tujuan
pembelajaran yang harus dicapai;
5.
Guru mengecek kemampuan prasyarat siswa dengan tanya jawab
|
3 menit
|
|
Inti
|
1. Siswa mengamati,
mencermati dan menjawab pertanyaan terkait contoh benda-benda yang berbentuk tabung dalam kehidupan
sehari-hari
2. Siswa menganalisis,
menalar, mencoba dan menyimpulkan
pengertian volume tabung contoh benda-benda sehari-hari yang berhubungan dengan volume tabung
3. Secara individu
siswa menyelesaikan tugas latihan tentang menyusun
dan mengidentifikasi unsur-unsur bentuk tabumg yang melibatkan
peristiwa sehari-hari dan konsep matematika;
4. Secara kelompok,
siswa berdiskusi membahas hasil tugas Latihan. Anggota kelompok saling memeriksa, mengoreksi dan
memberikan masukan;
5. Beberapa siswa wakil
kelompok (minimal tiga orang) melaporkan hasil penyelesaian Latihan-1. Siswa
tersebut ditunjuk secara acak oleh guru;
6. Siswa dan guru
membahas hasil penyelesaian Latihan-1. Guru memberikan umpan balik
|
10 menit
|
|
Penutup
|
1.
Siswa dan guru merangkum isi pembelajaran yaitu tentang Definisi tabung dan cara menghitung volume tabung
2.
Guru memberi pekerjaan rumah
|
2 menit
|
F.
Penilaian Pertemuan
Ke-1
1. Prosedur Penilaian:
|
No
|
Aspek yang dinilai
|
Teknik Penilaian
|
Waktu Penilaian
|
|
1
|
Rasa ingin tahu
|
Pengamatan
|
Kegiatan inti nomor 1, 2, 6,
|
|
2
|
Tanggungjawab dalam kelompok
|
Pengamatan
|
Kegiatan inti nomor 3, 4, 5
|
|
3
|
Pengetahuan dan keterampilan matematika
|
Kuis
|
Awal pertemuan ke-2
|
|
Portofolio Hasil Latihan-2
|
Akhir pertemuan ke-1
|
2. Sebuah tabung dengan
panjang jari-jari alas 10 cm, tinggi tabung 20 cm volume tabung tersebut
adalah..........cm
Penyelesaian :
Volume tabung =
t
= 3,14 ×
× 20
= 3,14 × 100 × 20
= 6280
LEMBAR PENGAMATAN PERKEMBANGAN SIKAP
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas : IX
Kompetensi Dasar : Nomor 2.2, 3.3, 4.2
Sikap yang dikembangkan
dalam proses pembelajaran adalah rasa ingin tahu dan tanggung jawab dalam
kelompok.
Indikator perkembangan sikap INGIN TAHU
1.
Kurang baik jika sama sekali tidak berusaha untuk mencoba atau bertanya atau acuh tak acuh
(tidak mau tahu) dalam proses pembelajaran
2.
Baik jika menunjukkan sudah ada usaha untuk
mencoba atau bertanya dalam proses pembelajaran tetapi masih belum
ajeg/konsisten
3.
Sangat baik jika menunjukkan adanya usaha untuk
mencoba atau bertanya dalam proses pembelajaran secara terus menerus dan
ajeg/konsisten
Indikator perkembangan sikap TANGGUNGJAWAB (dalam kelompok)
1.
Kurang baik jika menunjukkan sama sekali tidak ambil bagian dalam melaksanakan tugas
kelompok
2.
Baik jika menunjukkan sudah ada usaha ambil
bagian dalam melaksanakan tugas-tugas kelompok
tetapi belum ajeg/konsisten
3.
Sangat baik jika menunjukkan sudah ambil bagian dalam
menyelesaikan tugas kelompok secara
terus menerus dan ajeg/konsisten
Bubuhkan tanda V pada kolom-kolom sesuai
hasil pengamatan.
|
NO
|
Nama
|
Rasa ingin tahu
|
Tanggungjawab
|
||||
|
SB
|
B
|
KB
|
SB
|
B
|
KB
|
||
|
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
...
|
|
|
|
|
|
|
|
|
32
|
|
|
|
|
|
|
|
SB = sangat baik B = baik KB = kurang baik
Daftar pertanyaan untuk apersepsi;
1.
Contoh benda di sekeliling
kita yang bentuknya seperti tabung
2.
Bahan latihan 1
3.
Buku Siswa Mata Pelajaran Matematika Jilid VIII
Tangerang,11 September 2015
Kepala Sekolah Guru
Bidang Study
(
) ( )
Tidak ada komentar:
Posting Komentar