Sabtu, 28 November 2015

Contoh RPP Tabung

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(SATU PERTEMUAN)

Nama                          
NIM                             :
Semester                      : Enam
Materi pembelajaran                : Volume Tabung


A.  Kompetensi Dasar:
1.      Menghitung Volume Tabung
B.      IndikatorPencapaian Kompetensi
1.      Menghitung volume tabung
C.     Tujuan Pembelajaran
1.      Siswa dapat menghitung Volume tabung (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras. Demokratis.);
2.      Siswa dapat menemukan rumus Volume Tabung (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras. Demokratis.);
3.      Karakter siswa yang diharapkan  : 
Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras, Disiplin.



D.     Metode Pembelajaran
Pengamatan, tanya-jawab, penugasan individu dan kelompok, dan diskusi kelompok.
E.     Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Waktu
Penda-huluan
1.      Guru memberi salam dan mengajak siswa berdoa;
2.      Guru menanyakan kabar dan mengecek kehadiran siswa
3.      Siswa mendengarkan dan menanggapi cerita guru tentang manfaat belajar Volume tabung dalam kehidupan sehari-hari;
4.      Guru menyampaikan model pembelajaran yang akan digunakan dan tujuan pembelajaran yang harus dicapai;
5.      Guru mengecek kemampuan prasyarat siswa dengan tanya jawab
3 menit
Inti
1.    Siswa mengamati, mencermati dan menjawab pertanyaan terkait contoh benda-benda yang berbentuk tabung dalam kehidupan sehari-hari
2.    Siswa menganalisis, menalar,  mencoba dan menyimpulkan pengertian volume tabung contoh benda-benda sehari-hari yang berhubungan dengan volume tabung
3.    Secara individu siswa menyelesaikan tugas latihan tentang menyusun dan mengidentifikasi unsur-unsur bentuk tabumg yang melibatkan peristiwa sehari-hari dan konsep matematika;
4.    Secara kelompok, siswa berdiskusi membahas hasil tugas Latihan. Anggota  kelompok saling memeriksa, mengoreksi dan memberikan masukan;
5.    Beberapa siswa wakil kelompok (minimal tiga orang) melaporkan hasil penyelesaian Latihan-1. Siswa tersebut ditunjuk secara acak oleh guru;
6.    Siswa dan guru membahas hasil penyelesaian Latihan-1. Guru memberikan umpan balik
10 menit
Penutup
1.      Siswa dan guru merangkum isi pembelajaran yaitu tentang Definisi tabung dan cara menghitung volume tabung
2.      Guru memberi pekerjaan rumah
2 menit



F.      Penilaian Pertemuan Ke-1
1.    Prosedur Penilaian:
No
Aspek yang dinilai
Teknik Penilaian
Waktu Penilaian
1
Rasa ingin tahu
Pengamatan
Kegiatan inti nomor 1, 2, 6,
2
Tanggungjawab dalam kelompok
Pengamatan
Kegiatan inti nomor 3, 4, 5
3
Pengetahuan dan keterampilan matematika
Kuis
Awal pertemuan ke-2
Portofolio Hasil Latihan-2
Akhir pertemuan ke-1


2.  Sebuah tabung dengan panjang jari-jari alas 10 cm, tinggi tabung 20 cm volume tabung tersebut adalah..........cm

Penyelesaian :

Volume tabung = t
                          = 3,14 × × 20
                          = 3,14 × 100 × 20
                          = 6280





LEMBAR PENGAMATAN PERKEMBANGAN SIKAP
Mata Pelajaran                      : Matematika
Kelas                                       : IX
Kompetensi Dasar                  : Nomor  2.2, 3.3, 4.2
Sikap yang dikembangkan dalam proses pembelajaran adalah rasa ingin tahu dan tanggung jawab dalam kelompok.
Indikator perkembangan sikap INGIN TAHU
1.      Kurang baik jika sama sekali tidak berusaha untuk mencoba atau bertanya atau acuh tak acuh (tidak mau tahu) dalam proses pembelajaran
2.      Baik jika menunjukkan sudah ada  usaha untuk mencoba atau bertanya dalam proses pembelajaran tetapi masih belum ajeg/konsisten 
3.      Sangat baik jika menunjukkan adanya  usaha untuk mencoba atau bertanya dalam proses pembelajaran secara terus menerus dan ajeg/konsisten
Indikator perkembangan sikap TANGGUNGJAWAB (dalam kelompok)
1.      Kurang baik jika menunjukkan sama sekali tidak ambil bagian dalam melaksanakan tugas kelompok
2.      Baik jika menunjukkan sudah ada  usaha ambil bagian dalam melaksanakan tugas-tugas kelompok  tetapi belum ajeg/konsisten
3.      Sangat baik jika menunjukkan sudah ambil bagian  dalam menyelesaikan tugas kelompok  secara terus menerus dan ajeg/konsisten


Bubuhkan tanda V pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan.
NO
Nama
Rasa ingin tahu
Tanggungjawab
SB
B
KB
SB
B
KB
1







2







3































...







32







SB = sangat baik    B = baik        KB = kurang baik                
Daftar pertanyaan untuk apersepsi;
1.      Contoh benda di sekeliling kita yang bentuknya seperti tabung
2.      Bahan latihan 1
3.      Buku Siswa Mata Pelajaran Matematika Jilid VIII



Tangerang,11 September 2015
Kepala Sekolah                                                                                    Guru Bidang Study
                                                                       
(                        )                                                                        (                           )                            


Tidak ada komentar:

Posting Komentar